22 C
New York
Kamis, Juni 20, 2024

Buy now

spot_img

Pesona Wisata Pulau Samalona di Makassar Sulawesi Selatan

Pulau Samalona merupakan salah satu dari sekian banyak pulau yang wajib dikunjungi jika menginjakkan kaki di tanah Sul-Sel, pulau ini bagian dari wilayah kota Makassar, tepatnya berada di Kecamatan Ujung Pandang. Untuk sampai ke pulau ini dapat di tempuh sekitar 30-40 menit menggunakan speed boat dari dermaga Kayubangkoa dengan kisaran biaya sewa 300 ribu – 500ribu. 

Meski ukuran pulau ini terbilang kecil namun pulau ini memiliki gugusan terumbu karang yang sangat indah lengkap dengan alam bawah laut yang menyimpan sejuta pesona dan biota unik yang berwarna warni sehingga diistilahkan alam bawah pelangi.

Maka tak heran jika pemandangan bawah laut dari pulau ini terkenal hingga mancanegara. Sehingga wisatawan lokal ataupun asing selalu menyempatkan diri agar bisa datang kesini.

Pulau Samalona juga memiliki pantai berpasir putih, air laut yang berwarna biru toska lengkap dengan banyaknya pohon kelapa yang berjejer di bibir pantai semakin memberi suasana nyaman untuk berlama-lama di pulau ini.

Ada banyak hal seru yang bisa dilakukan selain menyelam atau snorkeling. Berwisata di pulau ini tergolong aman dan nyaman. Sebab ombak yang ada cukup tenang sehingga bisa dijadikan untuk tempat berenang meski tetap harus berhati-hati. Pulau cantik ini memiliki spot foto keren dan cocok untuk mereka yang hobby fotografi. Jika ingin bersantai, teman-teman bisa duduk di pinggir pantai sambil menikmati es kelapa muda.

Selain dapat menikmati keindahan alamnya, di pulau ini teman-teman akan semakin dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang tersedia berupa warung makan yang menyajikan berbagai jenis olahan makanan tradisional yang khas dan lezat seperti ikan dan kepiting bakar.

Di pulau ini juga tersedia fasilitas seperti mushala dan toilet yang akan memudahkan teman-teman untuk beraktivitas seperti biasa. Ada juga penyewaan gazebo dan tenda payung yang tersedia ditepi pantai. Serta tempat penginapan yang sebagian besar disediakan di rumah-rumah penduduk. Selain berbagai keindahan diatas pulau ini juga menyimpan berbagai peninggalan sejarah salah satu diantaranya yakni adanya peninggalan kapal dari Perang Dunia 2.

Tak banyak orang tahu namun ada 7 kapal tenggelam yang berada di sekitar pulau. Seperti kapal Maru yang merupakan kapal perang Jepang dan tenggelam di kedalaman 30 meter, ada juga kapal Lancaster Bomber, Kapal Hakko Maru serta beberapa kapal lainnya. Saat ini diketahui bahwa kapal-kapal tersebut sudah berubah menjadi karang dan menjadi rumah untuk ratusan kehidupan biota laut. Tak jarang juga wisatawan datang untuk berenang ataupun melihat bagaimana keunikan kapal – kapal tersebut.

Suasana alam yang masih alami menjadi hal yang dapat teman-teman temukan di pulau ini. Selain menikmati pemandangan, juga bisa melihat secara langsung aktivitas pedagang dan masyarakat sekitar yang melakukan niaga. Pokoknya keren deh, makanya sangat disayangkan jika tak menyempatkan diri untuk berkunjung ke pulau ini.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles