Fakta, Uniknya Destinasi Wisata Sungai Aare di Kota Swiss

Sungai Aare adalah sungai terpanjang di Swiss yang memiliki panjang 295 kilometer yang mengalir dari Kanton Bern

www.inibeda.com/Siapa sih yang tidak tau tentang sungai Aare di Swiss, sungai ini tak hanya dikenal dengan keindahan panorama alam sekitarnya, namun sungai ini pun telah dinobatkan sebagai surga untuk para perenang disana. Makanya tak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota Swiss namun tak menyempatkan waktu untuk mencicipi dingin dan birunya air di sungai ini. 

Pengen tau lebih banyak tentang sungai ini ? Yuk, simak beberapa fakta unik dari sungai Aare yang ada dibawah:

1) Sungai Terpajang

Sungai Aare adalah sungai terpanjang di Swiss yang memiliki panjang 295 kilometer yang mengalir dari Kanton Bern melewati Brienzersee dan Thunersee lalu bertemu dengan sungai Rhein di dekat kota Waldshut, Jerman. (Britannica)

2) Tempat main air di musim panas

Sungai Aare menjadi spot favorite untuk berenang di musim panas. bahkan menurut penduduk Bern yang dilansir dari Bern.com, musim panas tidak akan terasa sempurna tanpa melompat ke sungai Aree.Selain berenang, berbagai permainan air bisa dilakukan disini seperti bermain arung jeram hingga berselancar mengikuti derasnya aliran sungai Aree. Bahkan ribuan pekerja kantoran di Jenewa, Basel, Bern, Zurich, dan tempat lain di Swiss kerap menghabiskan istirahat makan siang mereka di pemandian sungai atau danau untuk berenang. Setelah itu, mereka kembali bekerja.

3) Warisan budaya tak benda

Sejak tahun 2017, Sungai Aare dinobatkan oleh UNESCO dalam daftar tradisi dan warisan tak berbenda di Swiss. aftar tersebut mencerminkan keragaman budaya Swiss dan telah secara aktif dipertahankan dan diperluas sejak 2012. Bukan hanya itu, di sungai ini pernah dicatatkan rekor MURI untuk kegiatan arung jeram yang diikuti oleh 1.268 orang dari Kiesen ke Eichholz menggunakan perahu karet.

4) Memiliki kualitas air sangat baik

Sungai Aare tergolong sungai yang memiliki kualitas air yang sangat baik,Thecekodok. Air yang ada di sungai ini telah dibuktikan dengan melakukan tes sampel oleh Uni Eropa tahun 2016. Bukan hanya kualitas airnya yang menggiurkan namun warnanya pun sangat menawan, biru toska yang sangat menawan dipandang mata.

5) Sumber energi kereta gantung

Selain di nobatkan sebagai surga renang bagi warga Swiss ternyata air dari sungai Aare pernah dimanfaatkan sebagai sumber energi kereta gantung Marzilibhan tahun 1885 hingga 1973. Sekaligus menjadikan kereta gantung ini sebagai kereta gantung terpendek yang ada di Swis dengan panjang lintasan sekitar 105 meter yang menghubungkan distrik Marzili di sebelah Sungai Aare dengan Gedung Parlemen dan pusat kota Bern.

6) Dasar sungai yang dalam

Sungai Aare tak hanya dikenal karena menjadi salah satu sungai terpanjang di Swiss namun selain itu sungai Aare juga dikenal karena tergolong sungai yang memiliki kedalaman yang tak biasa. dilansir dari situs My Switzerland, kedalaman dari sungai Aare beragam hingga mencapai 200 meter. Tingkat permukaan dasar sungai pun tak rata namun memiliki jurang yang berada di wilayah Meiringen yang tak jauh dari hulu sungai.

7) Suhu Air yang tak biasa

Air dari sungai Aare akan sangat berbeda dengan air sungai pada umumnya. Air dari sungai Aare berasal dari lelehan es di pegunungan Alpen sehingga suhunya sangat dingin biasanya mencapai 15 - 20 derajat celcius pada musim panas. Karenanya, sebelum berenang di sungai Aare perlu membiasakan diri terlebih dulu menyentuh air atau bahkan duduk maupun berdiri dipinggiran sungai sebelum berenang.

8) Memiliki Arus Deras

Aliran air sungai Aare memang nampak terlihat begitu tenang namun memiliki arus yang sangat kuat. Arus sungai yang tetap ini disebut juga arus sungai konsekuen. Artinya, arus sungai ini tidak terlalu bergantung pada curah hujan. Jadi, volume air akan cenderung tetap dan arusnya juga tidak banyak berubah di segala musim. Sehingga perlu untuk selalu berhati-hati disaat berenang di sungai ini.

9) Aman untuk berenang

Sungai Aare terbilang sungai yang cukup aman untuk berenang, berbagai fasilitas penunjang pun telah disiapkan oleh pemerintah setempat, bahkan aturan sebelum berenang pun tersedia. Hanya saja tidak dianjurkan untuk berenang bagi para pemula atau mereka yang tidak tau berenang karena aliran sungai yang cukup deras serta kontur dasar sungai yang sangat dalam. Bahkan ketika arusnya diatas 230 m3/ detik, maka disarankan untuk tidak berenang karena sangat berbahaya dan sulit untuk ditemukan jika terbawa arus. Bahkan perenang dan penyelam profesional tidak bisa melakukan pencarian maksimal karena berbahaya.

10) 17 Jembatan yang membentang di sepanjang sungai

Saking panjangnya sungai Aare di Swiss sehingga terdapat 17 jembatan yang membentang diatas sungai ini, termasuk jembatan kereta api dan jalan raya yang ada di kota Bern. Uniknya lagi, salah satu jembatan tertua di kota Swiss pun membentang diatas sungai ini yakni jembatan batu Untertorbucke (jembatan Untertor) yang menghubungkan distrik Matte dengan Altenberg tahun 1487.

Credit foto by celebrities.id

Inibeda menggunakan cookie untuk menawarkan dan memastikan pengalaman menjelajah yang lebih baik. Selengkapnya!